News Ticker

Menu
Powered by Blogger.

Kriteria Pemimpin Menurut Ajaran Islam

Islam Digger - Hampir Setiap Tahun dan Setiap 5 Tahun Sekali Pemimpin Negeri ini mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati Dipilih. Lalu Seperti Kriteria Pemimpin Yang Baik Itu?

Seperti Apakah Pemimpin Yang Baik Itu
Banyak Orang Jaman sekarang Kemuliaan seseorang bukan bertambah harta tetapi bertambah bekal untuk ke akhirat. Kriteria Nabi Muhammad SAW :

1. Sidiq

Orang yang hidupnya penuh komitmen terhadap kebenaran di jalan yang benar, dia hidupnya benar dan ingin mengajak bangsa ini menuju kebenaran. Maka syaratnya dia harus tahu nilai-nilai kebenaran. Bagi Kita yakin nilai kebenaran diajarkan Allah. Carilah pemimpin yang sangat mengenal nilai kebenaran dari Allah dan konsisten terhadap nilai kebenaran.

2. Amanah (Bertanggung Jawab)

Perkataanya, keluarga dan anak-anaknya bisa dipertanggungjawabkan. Setiap amanah yang diembannya bisa dipertanggungjawabkan. Memimpin Indonesia bukan untuk 5 tahun tetapi mempersiapkan generasi yang akan datang untuk bisa bermartabat di negeri ini.

3. Fathonah (cerdas)

Syarat dengan ide, penuh dengan gagasan orisinil, kreatif dan inovatif. Kita tidak bisa mengelola bangsa sebesar ini dengan orang yang terbatas pengetahuannya. Rosulullah adalah seorang yang brilian bisa melihat ke depan,. Mengatur visi bangsa, strategi, membaca dan mensinergi potensi.

4. Tabligh (Menyampaikan)

Bisa menyampaikan risalah, mampu berkomunikasi, mendidik masyarakat. Pemimpin yang bisa mendidik bangsanya karena pemimpin itu adalah guru, ayah, kawan. Bangsa ini dididik supaya tahu cita-cita, langkah, agar siap bangsa ini.

Membangun bangsa seperti membangun bangunan. Kita harus mempersiapkan perencanaan, lebih dari itu fase pondasi, fase membangun dinding, fase membangun atap dan melakukan perawatan supaya bisa dimanfaatkan lebih baik. Ada yang lebih penting adalah membangun negara diri sendiri. Orang yang bisa mengendalikan dirinya bisa mengatasi kesulitan. Kita harus serius mengendalikan diri kita. Kita harus belajar dan berlatih mengendalikan diri agar bisa lebih tepat dalam melangkah dalam hidup, sehingga meraih perbaikan diri yang optimal. 

Share This:

Post Tags:

Agus Hariyanto

Saya Agus Hariyanto, Direktur Imago Media . Bergerak khusus dibidang pengembangan aplikasi Software serta selalu berkomitmen untuk mengembangkan dan memberdayakan Masyarakat

No Comment to " Kriteria Pemimpin Menurut Ajaran Islam "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM