News Ticker

Menu
Powered by Blogger.

Catatan Sejarah Wafatnya Sang Nabi Agung Muhamad SAW

Islam Digger - Catatan Sejarah Wafatnya Sang Nabi Agung Muhamad SAW

Rasulullah  SAW  wafat  dalam  usia  enam  puluh  tiga  tahun.  Ada  juga pendapat yang mengatakan Beliau wafat dalam usia enam puluh lima atau enam puluh, namun pendapat pertama adalah pendapat yang benar. 

Rasulullah SAW wafat pada waktu dhuha hari Senin dua belas Rabiul Awal. Pendapat lain mengatakan tanggal dua atau tanggal satu Rabiul Awal. Beliau  dimakamkan  pada  malam  Rabu. Pendapat  lain  mengatakan  malam Selasa.  Sebelum  wafat,  Rasullullah  SAW  menderita  sakit selama  dua belas atau empat belas hari. 

Rasulullah SAW dimandikan oleh Ali bin Abi Thalib, pamannya Abbas, al-Fadhl bin Abbas, Qutsam bin Abbas, Usamah bin Zaid dan Syuqran serta dihadiri pula oleh Aus bin Khaula al-Anshari. Beliau dikafani dengan tiga lapis kain putih yang dibuat di Sahul -sebuah  negeri  di  Yaman  --,  tanpa gamis  dan  sorban.  Kemudian  kaum muslimin menshalatinya sendiri-sendiri tanpa jamaah. Jasad Rasulullah   SAW  diletakkan  di  atas sehelai  kain  merah  yang dipakainya untuk selimut lalu dimasukkan ke dalam kubur oleh Abbas, Ali, al-Fadhl, Qutsam dan Syuqran kemudian ditutup dengan sembilan batu. 

Rasulullah SAW dimakamkan di tempat Beliau wafat yaitu sekitar tempat tidurnya di kamar Aisyah ra dan di tempat itu pula dimakamkan Abu Bakar ra dan Umar ra.

Share This:

Post Tags:

Agus Hariyanto

Saya Agus Hariyanto, Direktur Imago Media . Bergerak khusus dibidang pengembangan aplikasi Software serta selalu berkomitmen untuk mengembangkan dan memberdayakan Masyarakat

No Comment to " Catatan Sejarah Wafatnya Sang Nabi Agung Muhamad SAW "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM